Agar Rumah Memiliki Konsep Minimalis Modern

Rumah minimalis semakin banyak digemari masyarakat urban. Banyak pengembang atau developer yang menawarkan konsep ini kepada para milenial maupun pasangan menikah yang ingin memiliki hunian. Tagar #rumahminimalis di Instagram saja mencapai 2,1 juta, sementara kata kunci rumah minimalis di pencarian Google lebih dahsyat lagi, mencapai lebih dari 36,8 juta.

Baca Juga: tabel besi beton

Banyak sekali manfaat dan keuntungan tinggal di rumah minimal. Selain hemat tempat, pembangunan yang sederhana, mudah merawatnya, dan masih banyak lagi.

1. Bentuk geometri
Perhatikan 7 Hal Ini Agar Rumah Memiliki Konsep Minimalis
Eksterior Rumah Minimalis.
Rumah minimalis merupakan tipe bangunan/arsitektur yang elemen pada desainnya didasari oleh frasa less is more. Kesederhanaan rumah minimalis bisa dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Umumnya, jika dilihat dari luar rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar.

2. Denah yang sesuai fungsi
Konsep rumah minimalis bukan sekadar berbentuk sederhana. Namun memiliki bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya, tanpa menambah terlalu banyak ornamen tambahan. Denah rumah minimalis akan memaksimalkan area sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan sang pengguna.

3. Tanpa banyak dinding pembatas
Rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding pembatas. Misalnya antara dapur dan ruang makan atau antara ruang makan dan ruang keluarga.

Ruang-ruang tersebut biasanya hanya dipisahkan menggunakan partisi seperti rak atau meja. Tanpa adanya dinding pembatas, bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, nyaman, dan terang.

Namun, ruang-ruang yang sifatnya pribadi tetap memiliki dinding pembatas, misalnya kamar tidur dan kamar mandi, dan gudang sekalipun.

4. Dekorasi Tidak Berlebihan
Seperti namanya, rumah minimalis juga meminimalisir penggunaan dekorasi yang digunakan di dalam rumah. Boleh saja membeli dan menggunakan perabotan dan perlengkapan modern, tapi jangan terlalu banyak menggunakan hiasan-hiasan dinding atau hiasan rumah.

Artikel Terkait: harga kaca cermin

Pasalnya, hal tersebut bisa mengurangi kesan minimalis rumah Anda. Cukup gunakan dekorasi yang sederhana dan hiasan yang diperlukan saja. Misalnya memasang hiasan dinding seperti lukisan di sudut ruangan tertentu atau meletakkan pot secara tidak berlebihan di tempat tertentu.

5. Warna cat rumah minimalis
Teorinya rumah minimalis menggunakan cat dinding berwarna monokrom. Putih, hitam, dan abu-abu adalah 3 warna yang paling sering mendominasi rumah minimalis. Terlihat sederhana, bersih, namun tetap elegan.

Jika Anda menginginkan rumah yang sesuai dengan warna kesukaan Anda, maka Anda mungkin bisa mencoba dengan memilih warna pastel yang sifatnya lembut. Warna cat rumah yang tidak berlebihan akan memunculkan kesan elegan. Meletakkan cermin di dinding juga memiliki sistem yang sama, justru lebih optimal untuk memberi kesan luas.

Leave a comment